7 Makanan ini buat ASI bunda melimpah secara alami, nggak percaya ?

5:19 PM


Pernahkah bunda merasa sangat khawatir bayi bunda tidak memperoleh asupan ASI yang cukup? sebenarnya bunda tidak perlu khawatir dan frustasi, karena kecemasan seperti ini secara psikologis malah akan menghambat kelancaran bunda dalam menyusui.

Apa perlu suplemen ? nggak juga sih, sebenarnya banyak sekali kebaikan alam yang bisa membantu bunda. Banyak bahan makanan alami nan sehat dan tentunya juga mudah didapatkan atau sering kita jumpai sehari-hari. Jadi tidak perlu susah-susah browsing obat/suplemen/susu yang mampu memperlancarkan ASI merk A atau B yang mahal itu.

Berikut adalah 7 makanan yang bisa bantu buat ASI bunda lancar dan melimpah secara alami.

1. Daun Katuk

Sengaja diposisikan pertama, karena sudah terbukti dari masa ke masa. Bahkan suplemen-suplemen pelancar ASI kan juga dibuat dari ekstrak daun katuk. Daun katuk mengandung protein, senyawa minyak esensial (saponin, flavonoid, tanin, triterpenoid), sejumlah asam amino, vitamin A, B, dan C, mineral (kalsium, fosfor, zat besi), serta tujuh senyawa aktif lainnya. Penelitian terhadap kemampuan daun katuk dalam memproduksi ASI sudah banyak dilakukan. Prof. Dr. H. Sardjono O. Santoso DSFK, seorang farmakolog dari UI, bahkan berani memproduksi tablet daun katuk untuk melancarkan ASI.

2. Bayam

Bayam baik untuk menambah zat besi yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu, kandungan vitamin B6 pada bayam dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Kandungan nutrisi lainnya pada bayam adalah vitamin A, C, E, K, protein, serta berbagai mineral seperti thiamin, ribloflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium. Sama dengan sayuran berdaun hijau tua lainnya, bayam mengandung enzim Phytoestrogens yang dapat memperbanyak ASI. Jadi selain bayam, tambahkan sayur-sayuran hijau lainnya ke dalam menu sehari-hari, agar terdapat variasi makanan yang memperbanyak ASI.

3. Kacang hijau

Vitamin B1, protein, fosfor, tiamin, mangan, kalium, magnesium, dan asam folat yang terkandung dalam kacang hijau membantu mencukupi kebutuhan protein dan energi ibu.

4. Pepaya

Buah murah meriah ini mengandung vitamin A, C, kalium, dan asam folat. Tetesan air buah pepaya dicampur dengan madu sangat baik bagi ibu menyusui agar tidak mudah capek / lelah, serta ASI yang diproduksi akan berlimpah. Bunga pepaya juga baik untuk menambah nafsu makan ibu.

5. Wortel

Wortel banyak mengandung vitamin A, beta karoten, serta enzim Phytoestrogens yang dapat memperbanyak ASI. Minum 1 gelas jus wortel sebelum makan siang dapat menambah produksi ASI pada sore hari.

6. Pare atau paria

Meskipun rasanya pahit, ternyata pare memiliki manfaat yang sangat besar bagi ibu menyusui. Mengkonsumsi pare dapat membantu mengentalkan dan memperbanyak ASI ibu, sehingga bayi tercukupi kebutuhannya dan mudah kenyang. Pare mengandung vitamin K, likopen, fitokimia lutein, dan anti oksidan. Selain untuk kelancaran ASI, pare juga bagus untuk merangsang produksi insulin, menurunkan kadar gula di dalam darah, dan anti kanker.


7. Habbatussauda

Paduan habbatussauda dan sari kurma, bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI. Kesaksian dari seorang ibu menyusui yang pada saat berpuasa mengkonsumsi habbatussauda, produksi ASI-nya justru lebih banyak daripada ketika tidak berpuasa. Saya sendiri sudah mengalami kok bunda, coba aja.

Selain dari sisi asupan makanan yang diterima bunda, sebaiknya bunda juga menjaga prilaku hidup sehat dan lakukan beberapa hal berikut :


  • Stop merokok, dan kurangi minum kopi serta makanan berkafein lainnya.
  • Minum air putih yang banyak.
  • Mengkonsumsi habbatussauda atau jintan hitam.
  • Susui bayi Anda secara langsung.
  • Tingkatkan frekuensi menyusui/memompa/memeras ASI. Ingat ! produksi ASI prinsipnya based on demand.
  • Kosongkan payudara setelah anak selesai menyusui.
  • Ibu harus dalam keadaan RELAKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan keberhasilan ASI eksklusif.
  • Hindari pemberian susu formula.
  • Hindari penggunaan DOT, empeng, dkknya.
  • Datangi klinik laktasi.
  • Lakukan perawatan payudara
  • Meningkatkan kualitas gizi makanan.
Oh iya bila kesulitan bunda bisa berkonsultasi ke tenaga kesehatan atau klinik laktasi terdekat ya. Lihat Daftar Alamat Klinik Laktasi di Jakarta dan 21 Kota Lainnya

Sekian dulu kali ya, selamat menyusui. Menjadi ibu itu menyenangkan.


You Might Also Like

0 comments