Cara Tepat Berkomunikasi dengan Bayi Anda

6:05 AM

Bicara dengan suara wajar tanpa berteriak. Ini cara alami untuk membantu bayi membedakan berbicara di lingkungan yang tenang dan di lingkungan yang ramai.

Bicaralah saat suasana tenang. Hindari bicara saat bayi menangis. Sebaiknya, bunda tenangkan dulu sebelum berbicara dengan si buah hati.

Kurangi suara-suara yang tidak perlu. Misalnya kecilkan suara musik atau ajak bayi ketempat tenang sebelum diajak berbicara

Gendonglah bayi, atau ambil posisi sejajar dengan bayi, kemudian bicara sambil saling menatap mata. Misalnya, anda sedang menari dengan bayi, maka katakanlah anda sedang menari.

Ekspresi Jelas. Berbicaralah dengan ekspresi jelas. Apakah  anda sedang bergembira atau sedang khawatir.

Kenyali sinyal-sinyal atau bahasa tubuh bayi apakah masih ingin beraktifitas ataukah sudah lelah
Pusatkan perhatian pada respon bayi, tanggapi pesan-pesan yang disampaikannya melalui suara dan bahasa tubuh atau ekspresi wajahnya.

Gunakan komunikasi positif, jelas dan konsisten untuk membantu bayi menyerap suara orang tua. Ini bisa membantu bayi memahami maksud orang tua.

Jadilah pendengar aktif. Ini adalah salah satu bentuk dari bagaimana orang tua menunjukan minat dan penghargaan terhadap lawan bicara. Apakah anda pendengar yang baik atau tidak. Ini juga bisa menjadi model yang akan ditiru bayi untuk menjadi pendengar aktif yang baik.

dari berbagai sumber
Gambar dari google.com

You Might Also Like

0 comments