Mitos dan Fakta Seputar Menyusui. Kenali agar ASI Ekslusif 6 bulan Optimal

6:27 AM

Mitos menyusui 1 : Kolostrum atau ASI pertama yang keluar adalah susu basi jadi sebaiknya dikeluarkan saja/dibuang. Faktanya kolostrum memiliki kandungan zat imunitas dan protein yang cukup tinggi.


Mitos ASI Basi : Bunda sudah tidak menyusui seharian, hari berikutnya mau menyusui. Yapi baiknya ASI yg ada di payudara dibuang dulu/dikeluarkan karena ASI-nya basi. Faktanya ASI tidak akan pernah basi.
Mitos menyusui 2 : ASI eksklusif berarti tidak boleh memberikan makanan, yang lain boleh. Faktanya ASI ekslusif maksudnya bayi hanya diberikan ASI saja, yang lain tidak boleh, termasuk air putih, apalagi susu formula.
Mitos asi ekslusif 3 : ASI eksklusif tidak dapat dilakukan jika ibu bekerja. Faktanya ibu bekerja tetap dapat memberikan ASI eksklusif. Kan bisa diperah dan disimpan dalam botol ASI misalnya.
Mitos menyusui 4 : Usia bayi udah 3 bulan, ASI gak lagi cukup. Kata mertua baiknya dikasih pisang atau makanan halus. Faktanya semua kebutuhan nutrisi bayi dapat terpenuhi oleh ASI saja sampai usia 6 bulan.
Mitos menyusui 5 : Pisang boleh diberikan pada bayi sebelum usia 6 bulan, bisa bikin gemuk dan pisang dapat menyembuhkan diare pada bayi. Faktanya makanan padat tidak dapat diolah oleh usus bayi hingga usia 6 bulan.
Mitos menyusui 6 : Susu formula sama baiknya dengan ASI, malahan lebih bagus. Faktanya tidak ada cairan lain apapun yang dapat menggantikan ASI. ASI kandungan nutrisinya lebih lengkap, lebih segar, lebih alami. Kalau susu formula itu udah gak segar, dicampur-campur lagi.Katanya sih kualitas susu yang punya kualitas hampir sebaik ASI itu susu kambing.
Mitos asi ekslusif 7 : Susu formula membuat bayi lebih sehat soalnya di kardusnya ditulis banyak vitamin dan mineral. Faktanya hanya jika diberikan ASI eksklusif sampai 6 bulan yang membuat bayi lebih sehat. Kalau di Al-Qur'an menyusui itu baiknya sampai 2 tahun. Teknisnya 6 bulan ekslusif, sisanya boleh MPASI tapi ASI tetap jalan.
Mitos  menyusui 8 : Untuk perkembangan otak, susu formula lebih baik daripada ASI karena diperkaya AA dan DHA. Faktanya ASI sudah mengandung AA/DHA alami yang sangat penting bagi pertumbuhan otak.
Mitos menyusui 9 : Kombinasi ASI dan susu formula kayaknya keren ya bun?. Susu formula jadi pelengkap. Hush, bunda faktanya cuma ASI yang terbaik bagi bayi hingga usia 6 bulan, maka sebaiknya jangan dicampur ya !.
Mitos menyusui 10 : Baru melahirkan, tapi ASI belum keluar atau tidak lancar. Apa bisa digantikan dengan susu formula. Mendingan sabar aja, jangan buru-buru kasif susu formula. ASI Tidak Keluar ? Ini Sebab dan Solusinya Tips ASI Lancar Faktanya jika ASI belum atau tidak lancar, bayi masih bisa tahan tidak kelaparan hingga 2×24 jam sejak lahir, karena masih ada cadangan makanan yang dibawa sejak dalam kandungan.

Memberikan makanan selain ASI pada bayi di bawah 6 bulan bisa meningkatkan risiko terganggunya usus dan sistem pencernaan bayi karena belum siap.
Mitos menyusui 11 : Jika bayi terus menangis berati ASI-nya kurang, tambahin susu formula aja kali ya biar kenyang ? . Sebaiknya jangan buru-buru kasih susu formula meski bayi nangis terus. Faktanya bayi menangis belum tentu lapar, bisa juga karena ada rasa tidak nyaman atau memang minta perhatian lebih.
Mitos menyusui 12 : Ibu yang banyak minum susu, akan menghasilkan banyak ASI. Minum susu memang baik bagi bunda, karena akan meningkatkan kuantitas nutrisi bagi bunda yang nantinya dapat membuat bunda lebih sehat. TAPI, faktanya banyaknya ASI yang dihasilkan tidak dipengaruhi oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi ibu. Semakin sering bayi menyusu semakin banyak ASI yang dihasilkan.
Mitos menyusui 13 : Agar menghasilkan banyak ASI, Ibu harus banyak makan sayuran. Faktanya semakin sering bayi menyusu, semakin banyak ASI yang dihasilkan. Sebaliknya semakin sedikit menyusui biasanya akan buat payudara bunda bengkak dan sakit, ASI juga biasanya jadi kurang lancar seiring frekuensi menyusui yang semakin jarang. Tapi sayuran bagus untuk menjaga kesehatan dan mencukupi asupan nutrisi bunda. Pilih mana, menyusui tapi malas makan? atau menyusui makan junkfood atau mu=enyusui dengan pola hidup sehat?
Mitos menyusui 14 : Jika ibu sakit, sakitnya bunda akan menular ke bayi melalui ASI. Jangan khawatir ya bunda. Faktanya ketika sakit, tubuh ibu membuat zat kekebalan tubuh yang juga disalurkan kepada bayi melalui ASI sehingga bayi tidak akan sakit.
Mitos menyusui 15 : Ibu yang kurang vitamin tidak dapat menyusui bayinya. Faktanya ibu yang kurus sekalipun tetap dapat menghasilkan banyak ASI asalkan sering menyusui.

Mitos menyusui 16 : Katanya payudara besar lebih baik dibanding yang kecil. Payudara kecil memproduksi ASI lebih sedikit. Faktanya payudara kecil sekalipun tetap dapat menghasilkan banyak ASI asalkan sering menyusui.
Mitos menyusui 17 : Menyusui sebaiknya tidak sambil berbaring. Faktanya menyusui dapat dilakukan sambil berdiri, duduk ataupun berbaring.
Mitos menyusui 18 : Bayi yang sedang sakit tidak boleh disusui. Faktanya bayi yang sedang sakit harus lebih sering diberi ASI. Apalagi kalau lagi demam, ASI bisa membantu menurunkan panas.
Mitos menyusui 19 : Pemberian air kepada bayi baru lahir hingga usia 6 bulan tidak akan merugikan. Faktanya pemberian air kepada bayi baru lahir hingga usia 6 bulan hanya akan memenuhi perut bayi sehingga mengurangi ruang untuk ASI yang sangat dibutuhkan bayi. Dulu saya sempat diingatkan DSA dr Widodo Januarto, sebaiknya bayi gak dikasih air putih. Karena cuma akan bikin kenyang. Bagi bayi di atas 6 bulan, mending diberi susu UHT , lebih ada isinya, dibanding air putih.
Mitos menyusui 20 : ASI pertama (yang berwarna kekuningan) tidak baik bagi bayi. Bunda cairan kekuningan yang pertama keluar itu disebut kolostrum. Faktanya ASI pertama (kolostrum) adalah zat terbaik bagi bayi.
Mitos menyusui 21 : Pisang dapat membersihkan usus bayi. Faktanya pisang tidak dapat membersihkan usus bayi melainkan merusak, karena usus bayi belum sanggup mengolah makanan hingga usia 6 bulan
Mitos menyusui 22 : Agar bayi tidak kuning dan tidak demam, dapat diberi makanan atau minuman lain sebelum ASI keluar. Faktanya bayi yang kuning harus banyak menerima sinar matahari pagi dan lebih sering diberi ASI.
Mitos menyusui 23 : Bayi baru lahir perlu diberikan air teh agar memiliki tenaga. Faktanya pemberian air teh kepada bayi baru lahir hingga usia 6 bulan hanya akan memenuhi perut bayi sehingga mengurangi ruang untuk ASI yang sangat dibutuhkan bayi.
Mitos menyusui 24 : Setelah melahirkan, ibu terlalu lelah untuk dapat menyusui bayi. Faktanya kecuali dalam situasi darurat, ibu yang baru melahirkan mampu menyusui bayinya segera, memeluk dan menyusui bayi adalah penghilang sakit dan rasa lelah ibu. Kan bisa menyusui meski dalam keadaan tidur.
Mitos menyusui 25 : Bayi baru lahir tidak dapat menyusu sendiri. Faktanya bayi memiliki naluri kuat untuk mencari puting dalam satu jam pertama setelah lahir. Ini yang disebut Inisiasi Menyusui Dini (IMD) . Nah sebaiknya sebelum melahirkan mungkin bunda bisa mencari Alamat Dokter Kandungan Perempuan Muslimah Pro Persalinan Normal dan Pro IMD di Jakarta.
Mitos menyusui 26 : ASI belum keluar pada hari pertama setelah melahirkan, Faktanya meskipun tidak terasa, kolostrum (ASI pertama), akan keluar langsung setelah kelahiran. Jumlahnya sedikit, tapi cukup untuk kebutuhan bayi)
Mitos seputar menyusui 27 : Bayi harus dibungkus dan dihangatkan dibawah lampu selama dua jam setelah lahir. Lah emangnya anak ayam ?. Kehangatan terbaik bagi bayi diperoleh melalui kontak kulit bayi ke kulit ibu, mending dipeluk bunda. Pada saat IMD bayi kan akan ditaruh di atas perut atau dada ibu dan kemudian mencari sendiri putih, pada saat IMD terjadi kontak hangan antara bayi dan bunda. Karena kehangatan tubuh ibu dapat menyesuaikan kebutuhan bayi (hangatnya pas). Selain itu kontak kulit bayi ke kulit ibu membuat ASI semakin cepat keluar.
Mitos menyusui 28 : ASI pertama/kolostrum itu kan sedikit, makanya bayi lapar dan menangis. Itu cuma mitos, faktanya ASI pertama memang sedikit, tapi cukup untuk memenuhi perut bayi, perlu bunda tau, isi perut bayi itu masih kecil kira-kira bcuma muat diisi sebanyak 4 sendok teh.
Mitos menyusui 29 : Payudara yang berukuran kecil, tidak dapat menghasilkan banyak susu. Faktanya payudara kecil maupun besar sama-sama dapat menghasilkan banyak susu.
Mitos menyusui 30 : Payudara dengan puting terbenam tidak dapat menyusui. Faktanya puting terbenam tidak berarti tidak dapat menyusui, karena bayi menyusu pada payudara, bukan menghisap puting.
Mitos menyusui 31 : Tidak ada gunanya menyusui bayi sejak kelahirannya. Faktanya kolostrum adalah cairan yang kaya dengan zat kekebalan tubuh dan zat penting lain yang harus dimiliki bayi. Bayi yang menyusui langsung akan merangsang ASI cepat keluar.

You Might Also Like

0 comments